Kamis, 29 Januari 2015

Wisata kepulauan karimun jawa

Kepulauan Karimunjawa

Karimunjawa
Karimunjawa adalah sebuah kecamatan di Jepara, Jawa Tengah yang berbentuk kepulauan di tengah Laut Jawa. Berjarak sekitar 83 KM di utara kota Jepara, Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, namun hanya 5 pulau yang berpenghuni. Potensi wisata utama dari Kepulauan Karimunjawa adalah keindahan lautnya. Karena potensi wisata taman laut tersebut, kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001.


Menurut cerita masyarakat setempat, asal muasal nama Karimunjawa adalah dari kisah Syekh Amir Hasan, putra Sunan Muria yang nakal dan merupakan murid Sunan Kudus. Ia dibuang ke kepulauan yang bila dilihat dari kejauhan disebut kerimun-kerimun dalam bahasa Jawa atau berarti samar-samar dalam bahasa Indonesia. Lama kelamaan, kepulauan tersebut akrab dipanggil sebagai Kepulauan Karimunjawa.

wisata Kepulauan Karimunjawa
Tempat wisata yang telah ditetapkan sebagai taman laut nasional Indonesia ini mempunyai lebih dari 90 jenis karang laut, dan lebih dari 240 jenis ikan. Di beberapa pulau, anda dapat melihat hutan mangrove dan hutan pantai. Selain itu anda juga dapat menjumpai beberapa jenis satwa di daratan, misalnya rusa, kera, berbagai jenis burung, penyu, dan lain-lain.


Cara mencapai kepulauan karimun jawa 
Jalur laut adalah jalur yang paling umum digunakan wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa. Ada 3 pilihan kapal yang dapat membawa anda ke tempat wisata ini, yaitu kapal motor cepat Kartini, kapal Bahari Expres, dan kapal motor penumpang Muria. Bila menggunakan kapal motor cepat Kartini, anda akan menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Pelabuhan Kartini. Bila menggunakan kapal Bahari Expres, anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Pelabuhan Kartini. Dengan kapal motor Kartini anda akan mencapai pelabuhan Karimunjawa dalam waktu kurang lebih 6 jam. Perlu diingat bahwa kondisi cuaca dan ombak sangat berpengaruh pada pelayaran, sehingga bisa saja pelayaran ditunda atau dibatalkan apabila cuaca sedang buruk.

Selain menggunakan kapal laut, anda juga dapat menggunakan pesawat terbang. Penggunaan pesawat terbang ke Bandara Dewandaru di Pulau Kemujan, Karimunjawa memang kurang terkenal mungkin karena harganya yang lebih mahal bila dibandingkan dengan menggunakan kapal laut. Anda dapat menggunakan pesawat dari maskapai Merpati Airlines, Sky Aviation, dan Wings air dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. Asal muasal nama Bandara Dewandaru cukup menarik, yaitu berasa dari nama sebuah pohon yang hanya ada di Kepulauan Karimunjawa. Menurut cerita masyarakat setempat, apabila anda mengambil dan membawa pulang kayu pohon Dewandaru, maka kapal yang anda tumpangi akan tenggelam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar